HOME
Home » Android » 10 Fungsi Root Hp Android yang Wajib Diketahui

10 Fungsi Root Hp Android yang Wajib Diketahui

Posted at June 4th, 2021 | Categorised in Android

Root bukanlah kata yang terdengar asing lagi bagi pengguna smartphone. Fungsi root hp android yang meliputi banyak hal membuat beberapa orang memutuskan untuk melakukannya. Selain itu, kemudahan dalam melakukan root juga menjadi pendorong mengapa banyak pengguna ponsel ikut-ikutan. Sekarang, root hp android bisa dilakukan dengan PC atau tanpa PC sekalipun.

10 Fungsi Root Hp Android

Pengertian root adalah proses membuka akses penuh pada sistem android. Dengan melakukan root, Anda bisa bebas memodifikasi sistem android sesuai keinginan. Mulai dari tampilan ponsel sampai sistem kerjanya.

Manfaat untuk game juga begitu terasa, karena membuat ponsel tidak lemot seperti biasa. Yuk simak apa saja fungsi root hp android berikut ini.

Fungsi Root Hp Android Yang Belum Banyak Orang Tahu

  1. Optimasi RAM Otomatis

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan setelah sukses melakukan root adalah RAM lebih lega. Meskipun terdengar mirip seperti aplikasi-aplikasi pembersih RAM di Google Play Store yang bisa diinstall oleh ponsel non-root, tentu kali ini berbeda.

Sebab, proses pembersihan RAM berjalan otomatis di background tanpa perlu membuka aplikasi dan melakukannya secara manual. Salah satu aplikasi optimasi RAM paling populer untuk hp root adalah Greenify.

Greenify akan bekerja otomatis di latar belakang untuk menghentikan tugas-tugas berat yang dirasa kurang penting. Sehingga, performa ponsel lebih maksimal.

  • Memindahkan Data ke Memori Eksternal

Sebagai seorang gamer, masalah yang sering dihadapi bukan hanya RAM penuh dan membuat ponselnya terasa lelet, namun juga memori penyimpanan. Seringkali memori internalnya penuh, padahal aplikasi dan file yang disimpan tidaklah seberapa.

Nah, masalah itu bisa segera diatasi dengan melakukan root hp android. Anda dapat memindahkan semua data di memori internal ke memori eksternal. Tidak ada lagi notifikasi “memori internal penuh” sekarang.

Fungsi root untuk game ini tentunya sangat dibutuhkan. Sehingga, Anda bebas ingin menginstall banyak aplikasi dan game sekaligus.

  • Tweaking Peforma

Pengguna hp android yang sudah di root merasakan betul dampaknya pada performa ponsel mereka. Sebab, pengguna bisa melakukan tweaking yang lebih dari optimasi baterai dan management RAM. Tweaking performa kali ini dilakukan dengan cara mengganti atau mengubah pengaturan sistem pada direktori root.

Baca Juga : 4 Cara Root Hp Xiaomi Terbaru 2021

Tweaking performa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang merasa performa ponsel sudah tidak mampu mengakomodasi kebutuhan sehari-hari. Apabila belum bisa membeli ponsel baru, maka tidak ada salahnya melakukan root. 

  • Baterai Lebih Awet

Seiring berjalannya waktu, baterai ponsel dipastikan lebih boros dibandingkan pada saat pertama kali membeli. Terlebih lagi jika spek hp android Anda terbatas, wajar apabila baterainya terkesan lebih boros. Pasalnya, sistem membutuhkan daya lebih untuk memproses buka tutup aplikasi yang ukurannya semakin besar dari waktu ke waktu.

Kabar baik bagi ponsel yang sudah di root, karena bisa menghemat baterai sampai 40% lebih hemat daripada hp android non-root. Sebab, disini Anda dapat mengoptimasi managemen RAM dan melakukan perubahan pada tweak-tweak lain.

Sehingga daya yang dibutuhkan lebih efektif dan pastinya tidak boros.

  • Melakukan Overclock

Fungsi root hp android berikutnya dijamin tidak kalah menarik bagi penggemar game. Yaitu bisa melakukan overclock menggunakan aplikasi editor kernel. Salah satu aplikasi yang terkenal untuk mengubah meningkatkan speed procesor di ponsel root bernama Kernel Auditor.

Sebagai contoh, ponsel Anda memiliki clockspeed 2.0 Ghz. Maka sekarang bisa ditingkatkan ke nilai lebih tinggi. Bermain game terasa semakin smooth dan nyaman tentunya.

  • Membuka Direktori Root

Kalai manfaat yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, karena memang tujuan dari root hp android adalah membuka direktori root. Disana Anda akan menemukan banyak file-file sistem dan memungkinkan untuk diubah.

Rekomendasi aplikasi pembuka direktori root terbaik adalah Root Exploler. Aplikasi yang mudah digunakan dan dibekali fitur komplit.

  • Hapus Aplikasi Bawaan

Merasa kesal dengan aplikasi bawaan yang hanya memenuhi internal? Tenang, Anda bisa memanfaatkan fungsi root hp android kali ini. Sekarang Anda dapat membuang semua aplikasi-aplikasi pengganggu.

  • Menginstall Aplikasi Apapun

Di internet, ada banyak aplikasi canggih yang hanya bisa dipasang di ponsel root. Apabila Anda tertarik untuk menginstallnya, maka wajib root hp android terlebih dahulu.

  • Bebas Modifikasi Tampilan Android

Khusus untuk ponsel root, Anda bisa mengubah tampilan sesuai keinginan. Bukan hanya mengubah font dan icon, namun bisa juga mengganti logo ponsel ketika baru pertama kali dihidupkan. Bagaimana, kedengarannya seru bukan?

  1. Kemudahan Backup Data

Untuk ponsel non-root, pilihan bakcup data mungkin hanya terbatas pada memindah kontak, data, APK dan beberapa opsi lain secara manual. Namun beda lagi dengan ponsel root, karena untuk merestore aplikasi atau data cukup satu kali klik. Demikianlah sedikit pembahasan tentang sepuluh fungsi root hp android yang jarang diketahui pengguna. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lain, namun saya cukup sampai disini dahulu.

No comment for 10 Fungsi Root Hp Android yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *