HOME
Home » General » Komputer » Penyebab Lampu Indikator Laptop Nyala Tapi Tidak Mau Hidup

Penyebab Lampu Indikator Laptop Nyala Tapi Tidak Mau Hidup

Posted at March 2nd, 2021 | Categorised in General, Komputer

Siapa yang tidak kesal dan marah, ketika melihat lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup. Lalu tiba-tiba laptop mati ketika fokus mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor. Mungkin agak melegakan jika file tersebut sudah tersimpan, jika tidak! Maka harus mengerjakan lagi dari awal. Apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

Mungkin saja banyak penyebabnya. Untuk itu, ketahui semua persoalannya sebelum dibawa untuk diserviskan.

lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup

Memang hampir setiap pekerjaan memakai laptop. Apalagi sekarang pada musim pandemi virus Corona. Pekerjaan kantor atau sekolah sebagian besar memakai laptop.

Jadi, jika terjadi sesuatu pada laptop, maka pekerjaan tidak akan selesai tepat pada waktunya. Tidak semua kerusakan laptop tidak bisa diketahui. Untuk itu, perlu pengetahuan seluk beluk kerusakan laptop sebelum membawanya ke tukang servis.

Wajib Tahu Penyebab Lampu Indikator Laptop Nyala Tapi Tidak Mau Hidup

Baca Juga : 8 Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Cepat

Meski menjadi pilihan banyak orang, laptop juga sering mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan adalah lampu power nyala tapi laptop tidak mau hidup.

Banyak kemungkinan penyebab lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup. Sebenarnya masalahnya bisa saja tidak terlalu rumit jika kamu bisa mengatasinya sendiri. Beberapa kemungkinan tersebut bisa dilihat di bawah ini.

1. Ram rusak

Ketika layar laptop menampilkan warna hitam atau blank saat dihidupkan. Padahal mesin laptop sudah berjalan. Maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada RAM laptop.

Biasanya kerusakan tidak terlalu fatal, maka cukup buka laptop saja. Misalnya RAM terlalu longgar. Lakukan perbaikan hanya dengan mengencangkan kembali RAM tersebut. Jika dibuka, sekalian saja membersihkan pin dari RAM. Pastikan memakai alat khusus ya, yang memakai bahan yang halus.

2. Periksa baterai

Kemungkinan selanjutnya penyebab lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup adalah terjadi masalah pada baterainya. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu memakai laptop terlalu keras sehingga tidak sadar bahwa baterainya habis.

Tapi lampu indikatornya masih nyala. Maka segeralah mengambil charger dan mulai isi baterai laptopnya. Jika ingin tetap terus nyala ketika dipakai untuk waktu yang lama, maka tetap pasang chargernya.

3. HDD rusak

Kebanyakan kalau laptop kamu tidak nyala, coba periksa bagian HDD. Karena jika HDD laptop rusak, ketika dinyalakan layar laptop akan berwarna hitam dan terdapat tulisan HDD tidak terdeteksi.

Untuk mengatasinya, coba bongkar laptopnya dan bersihkan HDD. Terus coba lagi nyalakan. Jika masih belum nyala, kemungkinan yang terjadi adalah HDD laptop kamu rusak dan perlu diganti yang baru.

4. Prosessor bermasalah

Komponen paling utama dan penting di dalam laptop adalah prosessor. Dikatakan utama karena bisa dikatakan sebagai otak laptop. Karena itu, salah satu penyebab lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup bisa saja  prosessor terjadi kerusakan.

Maka akan berpengaruh pada kinerja laptop. Misalnya hang atau tidak bisa nyala. Yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan debu yang menumpuk di prosessor. Karena debu menghambat kinerja prosessor.

5. VGA rusak

Penyebab terakhir laptop tidak hidup tapi lampu indikatornya nyala adalah kemungkinan kerusakan pada VGA. Ketahui ciri-cirinya ketika VGA laptop kamu rusak. Misalnya terjadi gangguan pada displaylayout.

Padahal laptop nyala, tapi seolah-olah tidak dinyalakan. Pada laptop keluaran terbaru, jika terjadi kerusakan unit VGA maka akan berpengaruh pada prosessornya. Pemberitahuan ini dengan adanya kartu grafis internal pada CPU.

Jika sudah mengetahui penyebab lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup. Maka ada gambaran untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Sehingga kamu bisa mengetahui langkah yang akan diambil jika bisa diselesaikan sendiri di rumah.

Memang terlihat sepele, namun jangan pernah meremehkan pertanda di atas. Kamu bisa berkonsultasi kepada teman atau saudara yang lebih tahu tentang laptop sebelum dibawa kepada ahlinya atau tukang servis.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab lampu indikator laptop nyala tapi tidak mau hidup. Kemungkinan di atas bisa diperiksa sendiri jika kamu sudah mahir bongkar pasang laptop sendiri. Jika tidak, jangan coba-coba bongkar ya. Takutnya akan bertambah kerusakannya. Bawa laptop untuk diperlihatkan kepada yang ahli. Maka mulailah dari sekarang untuk belajar tentang bongkar pasang laptop. Sehingga jika hanya masalah di atas, cukup diselesaikan sendiri. Semoga bermanfaat.

No comment for Penyebab Lampu Indikator Laptop Nyala Tapi Tidak Mau Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *