HOME
Home » General » Wisata » Objek Wisata Danau Napabale Muna-Sulawesi Tenggara

Objek Wisata Danau Napabale Muna-Sulawesi Tenggara

Posted at March 1st, 2021 | Categorised in General, Wisata

Ingin pergi menikmati liburan, namun jenuh karena bepergian ke tempat yang sama? Sepertinya Kamu perlu mencoba untuk menikmati objek wisata danau Napabale Muna-Sulawesi Tenggara. Danau air asin yang terletak pada bagian Tenggara Sulawesi Tenggara ini memiliki pesona yang sulit ditolak.

Pulau Muna awalnya terkenal dengan hasil hutan berupa kayu jati, maupun hasil perkebunan dari jambu mete. Namun seiring perkembangan waktu, kini Muna dikenal pula sebagai lokasi wisata. Banyak tempat indah bagaikan surga yang dapat ditemukan di tempat ini.

Berbagai tempat indah yang dapat disambangi berupa pantai, gua, Tanjung serta beberapa danau. Bahkan ada danau unik air asin yang sangat terkenal. Danau tersebut bernama danau Napabale yang bermakna pelabuhan tempat orang mengambil pandan muda.

3 Alasan Berkunjung Ke Objek Wisata Danau Napabale Muna-Sulawesi Tenggara

Setiap tahun banyak pengunjung datang ke pulau Muna, baik dari mananegara maupun dari domestik. Meski letaknya jauh dari ibukota provinsi, namun rasa lelah akibat perjalanan akan terbayar tuntas begitu tiba di sini. Ingin tahu kenapa? Mari simak uaasan kenapa kamu harus berkunjung ke sini.

Baca Juga : Wisata Bahari Tlocor di Sidoarjo

1. Alam yang indah

Danau Napabale berwarna hijau jernih dan dikelilingi oleh perbukitan serta tebing tinggi. Tanaman yang tumbuh pada tebing terjal tersebut memberikan kesan asri dan udara sejuk yang membuat wisatawan betah.

Tidak heran pengunjung di sini bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menikmati keindahan alam.

Danau Napabale tidak hanya menawarkan pesona danau, namun juga keindahan pantai. Sebab ada terowongan dalam danau yang menghubungkan ke pantai yang terletak di Selat Buton. Terowongan sepanjang 30 meter dapat dilalui bila air dalam keadaan surut.

Banyaknya air pada danau Napabale tergantung pada kondisi laut. Jika laut pasang, maka air akan mengalir ke danau melalui terowongan tadi. Tidak heran air pada danau terasa asin karena memang berasal dari laut. Namun saat surut, danau akan menyusul airnya sehingga terowongan bisa dilalui.

2. Dapat melakukan banyak aktivitas wisata

Saat berkunjung ke danau ini, kamu bisa meminta para nelayan untuk mengantar ke pulau karang yang terletak pada tengah danau. Atau menikmati indahnya bebatuan  yang terukir oleh alam di terowongan. Ada juga stalagtit yang dapat ditemukan pada beberapa bagian dalam terowongan.

Selain menikmati indahnya danau seraya bersampan, kamu pun dapat melakukan Snorkeling. Pemandangan di bawah danau Napabale nampak menakjubkan karena banyaknya biota laut yang hidup dengan tenang dalam perairan.

Selain menyelam, bisa pula menghabiskan waktu dengan memancing atau bermain pasir pantai Napabale.

3. Lokasi yang mudah ditempuh

Meski terletak pada ujung pulau Sulawesi, namun pulau Muna atau danau Napabale tidak sulit ditemukan. Banyak alat transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke tempat ini. Sehingga tidak mengherankan setiap tahun pengunjung selalu bertambah.

Bila ingin menempuh perjalanan dengan laut, kamu bisa memilih untuk naik kapal dari kota Kendari. Hanya dengan waktu sekitar empat jam, kapal akan menepi pada pelabuhan Raha yang terletak di ibukota Kabupaten Muna.

Dari pelabuhan tersebut, tinggal menempuh waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal kecil bermesin. Kapal kecil bermesin tadi biasa juga disebut dengan katinting.

Namun kalau kamu ingin lebih cepat sampai, dapat juga melalui perjalanan udara. Dimulai dengan naik pesawat perintis di bandara kota Kendari, lalu mendarat di bandara Sugimanuru.

Bila telah sampai bandara, perjalanan akan dilanjut menggunakan angkutan umum menuju pusat kota. Ini disebabkan bandara Sugimanuru terletak sekitar 25 km dari ibukota Kabupaten.

Setiba di kota Raha, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek atau taksi ke danau Napabale. Waktu yang dihabiskan menuju danau kurang lebih hanya dua puluh hingga tiga puluh menit. Pengunjung juga bisa berkemah di sekitar danau atau memilih untuk menginap di penginapan yang berada di kota Raha. Demikian tiga alasan tepat untuk kamu berkunjung ke objek wisata danau Napabale Muna-Sulawesi. Danau air asin yang tidak hanya menawarkan keindahan alam,tapi juga asyiknya bermain pasir atau bersnokeling. Atau berkemah bersama rombongan teman untuk menghabiskan masa libur. Tertarik untuk segera mengunjunginya?

No comment for Objek Wisata Danau Napabale Muna-Sulawesi Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *