Resep dan Cara Membuat Brazilian Rice

,
 Resep dan Cara Membuat Brazilian Rice

Baca Juga

Brazilian rice merupakan olahan yang terbuat dari nasi khas Brazil. Jika dilihat secara sekilas tampilan makanan ini terlihat seperti nasi goreng, tetapi sebenarnya sangatlah berbeda. Olahan dari nasi ini dicampur dengan bayam, keju, telur, susu da rempah-rempah. Cara memasaknya pun tidak digoreng seperti nasi goreng tetapi dimasak menggunakan oven. Resep dan cara membuat brazilian rice akan dikupas dalam artikel ini. 

resep brazilian rice

Brazilian rice mempunyai beberapa variasi olahan. Yang pertama yaitu nasi Brazil tradisional, kedua nasi kelapa Brazil, dan ketiga nasi brokoli Brazil. Dari berbagai macam variasi tersebut, bahan-bahan yang digunakan tentunya berbeda. Untuk nasi Brazil tradisional dibumbui dengan bawang bombay dan bawang putih tanpa tambahan bahan lainnya seperti nasi kelapa Brazil dan nasi brokoli Brazil. 

Cara membuat dan mengolah masakan Brazilian Rice

Sesuai dengan namanya Brazilian rice, sebelum anda mengolah makanan ini tentunya yang perlu anda siapkan adalah beras putih yang harus dibersihkan. Untuk mendapatkan hasil masakan yang baik dan nikmat, terlebih dahulu harus membersihkan beras dengan saringan bersirat halus. Kemudian bilaslah dibawah air yang mengalir sampai air bilasan berwarna bening. Setelah itu biarlah beras mengering sebelum anda gunakan. 

Beras yang direkomendasikan untuk olahan ini yaitu beras basmati dan jasmine. Namun jika tidak ada Anda bisa menggunakan beras putih lain yang anda punya. Bahan yang digunakan untuk olahan ini memang sedikit sulit untuk diperoleh, tetapi cara memasaknya cukup mudah. Untuk lebih lengkapnya resep dan cara membuat Brazilian rice sebagai berikut :


Bahan dan Bumbu Brazilian Rice

300 gram nasi putih 

100 gram bayam seduh, cincang kasar

50 gram mentega tawar dilelehkan

4 butir telur dikocok lepas

50 gram keju cheddar parut 

25 gram keju parmesan 

250 ml susu cair 

1 sendok makan kecap inggris 

1 sendok teh garam 

1/4 sendok teh marjoram 

1/2 sendok teh thyme 

1/4 sendok teh rosemary


Cara Membuat Brazilian Rice

1. Campur nasi putih, bayam, mentega tawar. Masukkan telur, keju cheddar, keju permesan. Aduk rata. 

2. Tambahkan susu cair, kecap inggris, garam, marjoram, thyme dan rosemery. Aduk rata. Tuang di pinggan tahan panas yang dioles margarin.

3. Oven 30 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang.


Taukah anda bahwa diantara beberapa bahan untuk membuat Brazilian rice mempunyai manfaat baik untuk kesehatan? Salah satunya yaitu teh marjoram, tanaman ini merupakan rempah-rempah yang populer. Sehingga tidak hanya dikembangbiakan di negara-negara Mediterania saja tetapi juga di negara-negara asia. Tanaman ini mempunyai manfaat sebagai obat penenang serta mampu melawan sakit kepala dan susah tidur. 

Sementara itu teh thyme merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal di negara barat. Teh ini disinyalir mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin yang terdapat dalam tanaman ini dapat digunaka untuk pengobatan Hepatitis, Herpes, da Influenza. 
Sedangkan untuk teh rosemery mungkin sudah tidak asing karena tanaman ini banyak dikembang biakkan di Indonesia

Tanaman dengan bunga berwarna merah ini kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti bakteri. Sehingga mampu meningkatkan memori dan konsentrasi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pencernaan, membunuh racun dalam tubuh, dan mampu menyegarkan nafas. 

Dengan banyaknya manfaat dari bahan-bahan pembuatan Brazilian rice, tentu saja mengkosumsi makanan ini dipastikan aman, asalkan sesuai porsinya. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan pagi. Anda bisa menikmatinya bersama orang-orang terkasih anda, seperti teman dan keluarga. 

Resep dan cara membuat Brazilian rice di atas merupakan resep untuk 6 porsi. Jika ingin membuatnya, Anda bisa menambahkan atau mengurangi bahan dan bumbunya sesuai porsi yang ingin dibuat. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment